PENGARUH MODEL SELF-DIRECTED LEARNING BERBASIS MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PKN SISWA KELAS VII SMPN 2 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Oleh:
Kadek Dony Wiputra, NIM. 0714041044
Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh model pembelajaran Self-directed learning berbasis modul pembelajaran interaktif dengan model konvensional berbantuan buku teks terhadap pemahaman konsep PKn siswa
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni (true eksperimental) dengan rancangan postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sawan tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 376 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan jumlah 66 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik group random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil pemahaman konsep siswa yang berupa tes essay berjumlah 9 butir. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskripstif dan uji t dua sampel independen dengan bantuan program SPSS-PC 16.00 for windows. Semua pengujian statistic dilakukan dengan taraf signifikasi 5 %..
Hasil analisis data menunjukan bahwa pemahaman konsep PKn siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning berbasis modul pembelajaran interaktif berada pada kualifikasi baik (Mean=21,27; SD=5,328), sedangkan pemahaman konsep PKn siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan buku teks berada pada kualifikasi cukup (Mean=15,12; SD=4,463). Hasil uji-t dua sampel independen menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Self Directed Learning berbasis modul pembelajaran interaktif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional berbantuan buku teks terhadap pemahaman konsep PKn siswa ( p=0,00; p<0,05) atau (thitung =7,563 > ttabel =2,00)
Kata Kunci : self directed learning, modul pembelajaran interaktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar